• Sabtu, 20 Agustus 2022

Tari Bekaul Dari Tebo Bakal Tampil di Jambi

- Kamis, 28 Juli 2022 | 17:26 WIB
Para penari saat memperagakan gerakan Tari Bekaul  (Syahrial )
Para penari saat memperagakan gerakan Tari Bekaul (Syahrial )

PORTALTEBO.id, Jambi - Tari "Bekaul" garapan sanggar Tanggo Rajo Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, bakal tampil pada acara apresiasi seni di Taman Budaya Jambi (RBJ), Sei Kambang, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Provinsi Jambi pada Kamis, 28 Juli 2022.

Pantauan portaltebo.id, tim dan para penari saat ini tengah berkumpul di gedung pertunjukan TBJ. Mereka melakukan gladi bersih yang langsung dibimbing Febrianti Eka Putri, S.Sn, koreografer tari Sanggar Tanggo Rajo.

Pimpinan produksi, Rizki Niko Wahyuni, S.Pd berkata, ada enam penari yang bakal tampil di kegiatan itu yakni, Dwi Firma Sari, S.Pd, Della Aprilia Nitami, Diky Andrea, Febriyanti, Sartika dan Muhammad Suprio. 

Dia bilang, koreografer tari yakni Febrianti Eka Putri, S.Sn, komposer musik Awang Permadi S.Sn, penata rias dan busana Desna Rahayu, S.Sn dan dokumentasi Indra Gunawan.

"Siang ini bloking tempat, besok pagi gladi bersih. Setelah itu penampilan," kata dia di gedung arena pertunjukan TBJ, Rabu, 27 Juli 2022.

Ditempat yang sama, Koreografer tari, Febrianti Eka Putri, S.Sn menjelaskan, tari Bekaul ini menceritakan tradisi ritual pemberian sesajen yang dilakukan di Sungai Batanghari. Tujuannya ritual ini untuk menghindari malapetaka atau tolak balak. 

Saat ritual kata dia, biasanya dihadiri dan disaksikan langsung oleh para tua tengganai dan masyarakat. Saat itu pula pemimpin ritual memberikan nasehat-nasehat yang intinya agar masyarakat tidak melanggar aturan atau adat sehingga dijauhkan dari balak.

Dikatakan dia, tari Bekaul ini akan ditampilkan selama 11 sampai 12 menit dengan diiringi musik yang menggambarkan suasana saat dilakukan ritual. "Mudah-mudahan penampilan kami bisa memuaskan penonton," harapnya. (P01)

Editor: Syahrial.

Tags

Terkini

X