• Sabtu, 20 Agustus 2022

Tari Bekaul dari Kabupaten Tebo Memukau Penonton

- Kamis, 28 Juli 2022 | 21:40 WIB
Penari Tebo saat menampilkan Tarian Bekaul.
Penari Tebo saat menampilkan Tarian Bekaul.

PORTALTEBO.id, Jambi - Penampilan tarian Bekaul dari Kabupaten Tebo berhasil memukau penonton pada acara Pentas Apresiasi Seni di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi (TBJ) Sungai Kambang, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Provinsi Jambi pada Kamis malam, 28 Juli 2022.

"Alhamdulillah, penampilan malam ini sangat memuaskan," kata Pimpinan produksi Tari Bekaul, Rizki Niko Wahyuni, S.Pd yang tidak menyangka jika Tari Bekaul dapat memukau para penonton.

Penampilan tarian Bekaul di kegiatan itu merupakan hasil kurator beberapa bulan yang lalu. Meski waktunya singkat, namun para penari tetap semangat berlatih demi memberikan yang terbaik. "Tujuannya untuk mempromosikan tarian hasil kreasi Tebo di tingkat provinsi," kata dia. 

Dikatakannya, ada enam penari yang menarikan Tari Bekaul yakni, Dwi Firma Sari, S.Pd, Della Aprilia Nitami, Diky Andrea, Febriyanti, Sartika dan Muhammad Suprio.

"Koreografer tari yakni Febrianti Eka Putri, S.Sn, komposer musik Awang Permadi S.Sn, penata rias dan busana Desna Rahayu, S.Sn dan dokumentasi Indra Gunawan," jalas guru SMAN 3 Tebo ini.

Ditempat yang sama, Koreografer tari, Febrianti Eka Putri, S.Sn menjelaskan, tari Bekaul menceritakan tradisi ritual yang ada di Desa Bedaro Rampak Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo.

Yakni, kata dia, tradisi ritual pemberian buaya makan dengan sesajian. Baik itu proses menghantar sesajian serta menghanyutkan sesajian di sungai Batanghari pada waktu senja hari.

Kepercayaan terhadap proses ritual ini, lanjut dia menjelaskan, membuat masyarakat percaya bahwa dewa akan melindungi desa mereka dari hal-hal yang buruk bakal terjadi. "Kepercayaan ini lalu dikenal dengan istilah Bekaul," katanya. (P01)

Editor: Syahrial.

Tags

Terkini

X