• Sabtu, 20 Agustus 2022

Eksperimentasi Musik Bertajuk DETAK Dari Merangin Pukau Penonton

- Jumat, 29 Juli 2022 | 15:45 WIB
Pertunjukan musik dari Kabupaten Merangin di Taman Budaya Jambi. (Iyal )
Pertunjukan musik dari Kabupaten Merangin di Taman Budaya Jambi. (Iyal )

PORTALTEBO.id, Jambi - Pertunjukan eksperimen musik dari sanggar Pelito Mudo Kabupaten Merangin Provinsi Jambi di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi (TBJ) pada Kamis malam, 28 Juli 2022, menyedot perhatian penonton.

"Sangat bagus. Saya terkesan," kata salah seorang penonton usai menyaksikan Eksperimentasi Musik DETAK dengan komposer Chunded tersebut.

Diketahui, pertunjukan karya musik ekperimentasi atau pengolahan yang dilaksanakan Taman Budaya Jambi ini, didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Kebudayaan.

“Karya Pengolahan DETAK dari Sanggar Pelito Mudo Kabupaten Merangin ini telah melalui proses kurasi dari para kurator. Sesuai kesepakan kami, bahwa tahun 2022 semua karya eksperimentasi, pengolahan dan apresiasi yang akan difasilitasi Taman Budaya Jambi wajib bertema Upacara,” kata kepala Taman Budaya Jambi, Eri Argawan malam itu.

Dari sinopsis yang dibacakan sebelum pertunjukan, ide DETAK dari beberapa fenomena yang ada pada upacara adat makan jantung di Kabupaten Merangin. Dari situ pengkarya tertarik pada kehadiran Jantung yang dijadikan sebgai simbol pada upacara adat itu.

Simbol jantung dalam tradisi ini di percaya masyarakat sebagai organ penting yang menjadi denyut kehidupan, serta empat tahapan yang ada pada upacara adat ini melambangkan empat bilik yang ada pada jantung manusia.

Dari fenomena ini, pengkarya terinspirasi untuk menafsirkan dan meng-interpretasikannya kedalam bentuk eksperimen komposisi musik. (P01)

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X