• Sabtu, 1 Oktober 2022

ORIK Ajak Suku Anak Dalam Menjaga dan Merawat Pohon Sialang

- Jumat, 29 Juli 2022 | 09:57 WIB
Pohon Sialang yang berada di ujung jalan wilayah kelola khusus Suku Anak Dalam. (Syahrial )
Pohon Sialang yang berada di ujung jalan wilayah kelola khusus Suku Anak Dalam. (Syahrial )

PORTALTEBO.ID, Tebo - Ketua dan pengurus Orang Rimbo Kito (ORIK) mengecek pohon Sialang yang berada di ujung jalan wilayah kelola khusus Suku Anak Dalam kelompok Temenggung Apung di Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

Menurut Malenggang, Temenggung Apung pemimpin pemimpin Suku Anak Dalam di desa itu, pohon Sialang tersebut pernah dihinggapi lebah, namun pasca diusir warga sekitar, sampai sekarang pohon tersebut tidak pernah lagi dihampiri lebah.

"Karena tidak dirawat juga, makanya tidak ada lagi lebah yang bersarang di situ," kata Malenggang, belum lama ini.

Penjelasan Malenggang ini menarik perhatian Ketua ORIK, Ahmad Firdaus. "Ini harus kita rawat kembali biar lebah bersarang kembali dan kita bisa menikmati madu alam," kata Firdaus.

di bawah, pohon Sialang sebutan untuk pohon besar tempat hunian puluhan lebah. Dengan kata lain, pohon ini telah menjadi sarang lebah penghasil madu.

Firdaus menjelaskan, ada 3 pohon yang besar diameter di ujung jalan wilayah kelola khusus Suku Anak Dalam kelompok Temenggung Apung. Pohon tersebut menjadi prioritas ORIK untuk dijaga dan dirawat. 

"Bayangkan, kita butuh puluhan bahkan ratusan tahun untuk bisa memperbesar pohon hingga pohon Sialang ini. Jadi biarkan pohon ini tetap tumbuh. Ayo kita jaga dan rawat sama-sama," ajak dia. (P06)



Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X