Buah Kurma Jadi Hidangan Berbuka Puasa, Ini 5 Jenis Buah Kurma Mahal dan Kurma Ajwa Salah Satunya

- Minggu, 26 Maret 2023 | 04:00 WIB
Ilustrasi Salah satu jenis buah kurma (Instagram #Kurma)
Ilustrasi Salah satu jenis buah kurma (Instagram #Kurma)

PORTALTEBO.id - Buah Kurma menjadi salah satu hidangan saat berbuka puasa bagi Umat muslim saat bulan Ramadhan.

Penyebab buah kurma jadi favorit salah satunya dikarenakan sebagai makanan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi umat Islam saat berbuka puasa Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW menjadikan kurma sebagai menu utama berbuka, ternyata setelah dikaji oleh banyak peneliti. Buah kurma memiliki kandungan lengkap yang dibutuhkan tubuh setelah menjalani puasa seharian.

Masyarakat Indonesia pun ramai mengenal buah Kurma dan mengenali salah satu kurma Ajwa yang merupakan Jenis Buah Kurma yang disantap Rasullullah SAW.

Baca Juga: 4 Anjuran Saat Puasa Bulan Ramadhan, Agar Tubuh Selalu Tetap Sehat Sampai Lebaran

Seperti salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, menyebut : "Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab atau kurma basah, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr atau kurma kering, dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.”

Ternyata, buah khas dari Timur Tengah ini memiliki jenis yang berbeda-beda. Bahkan beberapa di antaranya dijual dengan harga yang dibilang mahal.

Berdasarkan Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA) pada tahun 2017, Buah Kurma harganya ditentukan dari bentuk, dan ukuran. Selain itu, tingkat kelangkaan juga memainkan peran dalam menentukan harga kurma.

Seperti dikutip dari laman Kemenag, Minggu, 26 Maret 2023, Ada lima jenis kurma rmahal yang dijual di pasaran Dunia atau Indonesia.

Baca Juga: Coba Amalkan 3 Doa Ini, Sebagai Cara Mendapat Manfaat Keistimewaan Yang Ada Pada Hari Jumat

1. Barhi (Buah Kurma Terbaik dari Basra, Irak)

Salah satu Top Kurma terbaik adalah Barhi, kurma yang berwarna cokelat kehitaman, kurma barhi berwarna kuning cerah dan berbentuk bundar diibaratkan seperti buah duku atau kelengkeng.

Kurma Barhi ini memiliki tekstur rasa yang renyah dan manis seperti karamel dan akan sangat lezat untuk dinikmati.

Kurma barhi pun secara umum. juga mengandung berbagai nutrisi, seperti serat, zat besi, kalium, vitamin B dan antioksidan.

Walau KurmaBarhi telah dibudidayakan di Arab Saudi, varietas kurma barhi terbaik ternyata berada di Basra, Irak.

Halaman:

Editor: Alvedius Rimper

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X