• Sabtu, 1 Oktober 2022

Asal dan Makna Paksian, Baju Adat Jokowi Saat Pidato Kenegaraan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:13 WIB
Baju Adat Paksian Saat Jokowi Berpidato (PORTALTEBO.id) (Youtube/MPR RI)
Baju Adat Paksian Saat Jokowi Berpidato (PORTALTEBO.id) (Youtube/MPR RI)

PORTALTEBO.Id - Sidang tahunan MPR dilaksanakan hari ini, selasa 16 Agustus 2022. Presiden Ir.H. Joko Widodo terlihat rapi dengan mengenakan Baju Adat Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraannya. Pada acara Pidato Ketua MPR RI, 16 Agustus 2022 pukul 09.30 WIB.

Baju adat yang dikenakan oleh Jokowi berwarna hijau. Baju Adat Jokowi tersebut bernama 'Paksian' yang merupakan Baju Adat dari Provinsi Bangka Belitung. pada acara pidato Ketua MPR RI, 16 Agustus 2022 pukul 09.30 WIB.

Pidato kenegaaraan Presiden kali Ini merupakan kegiatan rutin dalam sidang tahunan MPR. Merupakan, dalam rangka Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara menjelang pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI di tanggal 17 Agustus.

Tidak hanya di tahun 2022 ini saja Jokowi mengenakan Baju Adat. Namun, Sejak tahun 2019 ada berbagai baju adat yang dikenakan Jokowi di momen acara Sidang Tahunan MPR RI.

“Baju adat yang saya kenakan ini, adalah baju Paksian, berasal dari Provinsi Bangka Belitung, ucap Presiden RI ke 7 melalui cuitan nya di Akun Twitter /Joko Widodo/ @Jokowi

Baca Juga: Tidak Tertarik Mengikuti Perkembangan Kasus Fredly Sambo, Pelajar: Enak Nonton Film dan Belajar

Baca Juga: UPDATE HUT RI ke 77: Sejarah Lagu Indonesia Raya oleh W.R Soepratman Dulunya dari Guru jadi Wartawan, Baca!

“Dengan motif Pucuk Rebung yang melambangkan kerukunan dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan dan pertumbuhan,” tegasnya sambil tersenyum.

Jokowi mulai mengenakan Baju Adat sejak tahun 2019, dalam pidato Kenegaraannya. Saat itu, Ia menggunakan Adat Sasak dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selanjutnya, pada tahun 2020 menggunakan pakaian adat Sabu, khas Nusa Tenggar Timur dan tahun 2021 yang lalu, di momen yang sama mantan Gubernur DKI Jakarta ini menggunakan Baju adat dari Provinsi Banten, yang merupakan Baju Adat suku Baduy.

Makna Baju Adat 'Paksian' yang di sampaikan oleh Jokowi seperti Pemerintahan Indonesia yang di bawah kepemimpinan nya ingin sebuah kerukunan dalam berkehidupan, berbangsa, dan bernegara. Serta Makna dan Filosofi warna Hijau yaitu kesejukan, harapan, dan pertumbuhan yang dapak di capai oleh Negara Indonesia pada tahun tahun berikutnya.***

Halaman:

Editor: Redaksi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Stunting, Sertu Wandi Komsos Dengan Warga Binaan

Sabtu, 24 September 2022 | 16:49 WIB
X