• Selasa, 6 Desember 2022

Mantan Kajati Jambi, Johanis Tanak Terpilih Menjadi Wakil Ketua KPK RI

- Kamis, 29 September 2022 | 11:56 WIB
Profil dan biodata terbaru terlengkap Johanis Tanak, wakil ketua KPK yang baru. (Tangkapan layar YouTube/Kementerian Kesekretariatan Negara)
Profil dan biodata terbaru terlengkap Johanis Tanak, wakil ketua KPK yang baru. (Tangkapan layar YouTube/Kementerian Kesekretariatan Negara)

PORTALTEBO.idJohanis Tanak terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi ini bakal menggantikan jabatan Lili Pintauli Siregar, Wakil Ketua KPK masa jabatan periode 2019-2023.

Ini setelah Komisi III DPR RI secara resmi memilih dan menetapkan Johanis Tanak sebagai calon anggota pengganti Wakil Ketua KPK masa jabatan periode 2019-2023 melalui mekanisme pemilihan suara yang digelar Rabu, 28 September 2022.

Baca Juga: KPK OTT Hakim Agung Sudrajad Dimyati, Ini Kata Mahkamah Agung

Baca Juga: KPK Resmi Tetapkan 10 Tersangka Dugaan Suap Pengurusan Perkara di MA, Termasuk Hakim Agung Sudrajad Dimyati

Baca Juga: Bongkar Kasus Dugaan Suap Pengurusan Perkara di MA, KPK OTT 8 Tersangka, Begini Kronologisnya

Dari hasil perhitungan voting dengan sistem ‘one man one vote’,  Johanis Tanak berhasil meraup 38 suara dari total 53 suara.

Pada pemilihan suara ini, Johanis Tanak bersaing dengan auditor BPK, I Nyoman Wara.

Sebelumnya Johanis Tanak dan I Nyoman Wara telah mengikuti uji kelayakan yang digelar Komisi Hukum DPR dengan memaparkan pandangan visi dan misinya di hadapan anggota dewan.

“Telah kita saksikan bersama penghitungan suara. Oleh sebab itu, izinkanlah Pimpinan menyimpulkan berdasarkan hasil dari perolehan suara seleksi calon anggota pengganti Pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023 adalah sebagai berikut. Atas nama Johanis Tanak terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023. Apakah dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat memimpin pemilihan suara.

Halaman:

Editor: Syahrial.

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Erupsi Subuh Tadi

Selasa, 6 Desember 2022 | 08:13 WIB
X