BPOM Sita Sejumlah Barang Bukti Pelarut Obat Sirup, Berikut Barang Bukti yang Diamankan

- Kamis, 10 November 2022 | 08:21 WIB
BPOM (FOTO: DOK BPOM)
BPOM (FOTO: DOK BPOM)

PORTALTEBO.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan intensifikasi pemeriksaan dan penelusuran sumber bahan baku pelarut pada sirup obat yang terbukti mengandung cemaran EG dan DEG melebihi ambang batas.

Hasil pemeriksaan dan penelusuran yang dilakukan BPOM terhadap distributor-distributor pemasok bahan baku pelarut Propilen Glikol ke Industri Farmasi yang melakukan produksi sirup obat yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

BPOM pun mengidentifikasi jalur distribusi atau rantai pasokan bahan pelarut Propilen Glikol yang melibatkan beberapa distributor bahan kimia, Pedagang Besar Farmasi (PBF), hingga sampai ke Industri Farmasi. 

BPOM berhasil mengidentifikasi jalur distribusi bahan pelarut dari CV Samudra Chemical (CV SC) yang merupakan supplier dari distributor kimia CV Anugrah Perdana Gemilang (CV APG).

Sementara CV APG merupakan pemasok utama CV Budiarta (CV BDT) dan distributor kimia lainnya, yang menjadi pemasok Propilen Glikol yang terbukti TMS ke industri farmasi PT Yarindo Farmatama (PT YF).

Baca Juga: Silahkan Cek, Ini Daftar Terbaru 69 Obat Sirup yang Dicabut Izin Edarnya oleh BPOM

Berdasarkan sampel bahan kimia CV SC yang telah diuji di laboratorium, hasilnya menunjukan sebanyak 10 sampel bahan baku pelarut Propilen Glikol yang disampling terdeteksi mengandung EG sebesar 4,69-99,09%, sedangkan 2 sampel tidak terdeteksi EG. 

Hasil pengujian terhadap 2 sampel bahan baku pelarut Sorbitol yang juga disampling pada lokasi, terdeteksi mengandung EG dan DEG sebesar 0,03%-1,34%.

Atas temuan itu, BPOM telah melakukan pengamanan terhadap sejumlah barang bukti, antara lain drum aluminium putih dengan label Propilen Glikol USP (42 drum), Sorbitol 20 dan Sorbitol 23 (19 ember), Dipropilen Glikol (5 ember dan 1 drum), PG20 (4 jeriken), drum plastik biru (15 drum).

Baca Juga: BPOM Kembali Temukan 7 Produk Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut

Halaman:

Editor: Syahrial.

Sumber: BPOM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMKG Cuaca Serang, Kamis 9 Februari 2023

Rabu, 8 Februari 2023 | 20:14 WIB
X