• Minggu, 29 Januari 2023

Salah Satu Tanda Stunting Adalah Kurangnya Tinggi Badan Anak, Ini 3 Cara Atasi Stunting Ala Kemenkes

- Kamis, 26 Januari 2023 | 15:54 WIB
Ilustrasi tentang Stunting (Tangkapan layar laman p2ptm.kemkes.go.id)
Ilustrasi tentang Stunting (Tangkapan layar laman p2ptm.kemkes.go.id)

PORTALTEBO.id - Stunting adalah kondisi ditandai kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak.

Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Banyak yang tidak menyadari bahwa tinggi pendeknya anak bisa menjadi tanda adanya masalah gizi kronis. Selain Itu, perlu diingat bahwa anak pendek belum tentu mengalami stunting.

Namun, anak yang mengidap stunting pasti berperawakan pendek. Anak dengan asupan gizi terbatas sejak kecil dan telah berlangsung lama berisiko mengalami pertumbuhan yang terhambat.

Berikut ini melansir dari artikel Kemenkes RI dengan laman sehat.negeriku.kemkes.go.id Tahun 2018 berjudul "Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi", Terbit 07 April 2018. Artikel ini ditulis Oleh Plt. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Murti Utami, MPH.

Baca Juga: Penurunan Stunting Ala Pemkab Merangin, Wabup Nilwan Monitoring Atasi tingginya Angka Stunting Tk Kecamatan

Baca Juga: Menyambut HUT ke 77 Kodam II/Sriwijaya, Koramil Se Kabupaten Tebo Gelar Donor Darah dan Bantuan Stunting

Baca Juga: 3 Cara Pencegahan Stunting Dari Kemkes RI Ini, Bisa Jadi Referensi Warga Di Kabupaten Tebo

Sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Halaman:

Editor: Alvedius Rimper

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ramalan Zodiak Gemini Hari Ini, Sabtu 28 Januari 2023

Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:37 WIB

Ramalan Zodiak Taurus Hari Ini, Sabtu 28 Januari 2023

Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:05 WIB
X