• Jumat, 30 September 2022

Suka Anak Dalam Butuh Ruang Perawatan Khusus di RSUD STS Tebo, Ini Alasannya

- Kamis, 22 September 2022 | 09:57 WIB
Suku Anak Dalam saat menunggu keluarnya di rawat di RSUD STS Tebo. (Portal Tebo )
Suku Anak Dalam saat menunggu keluarnya di rawat di RSUD STS Tebo. (Portal Tebo )

PORTALTEBO.id – Meski tradisi meramu (membuat obat secara tradisional) masih kental dilakukan Suka Anak Dalam (SAD) untuk mengobati berbagai penyakit, namun saat ini mereka juga telah mengenal dan mulai mempercayai pengobatan modern atau dengan cara medis.

Ini terbukti, dari tahun ke tahun jumlah pasien yang dirawat di RSUD STS Tebo terus bertambah. 

Baca Juga: Suku Anak Dalam Keluhan Kenaikan Harga BBM Jenis Pertalite, Rp 18 Ribu Perliter

Berdasarkan data yang dirilis Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) dari Januari hingga September 2022, ada 9 Suka Anak Dalam yang berobat dan dirawat di RSUD STS Tebo.

"Sekarang saja ada 3 orang Suka Anak Dalam yang tengah dirawat di RSUD STS Tebo, satu diantaranya balita,"kata Ketua ORIK, Ahmad Firdaus, 22 September 2022.

"Ini menunjukkan kalau Suku Anak Dalam sudah mengenal dan percaya dengan pengobatan medis," kata ketua ORIK yang fokus kegiatan pada pendampingan dan pemberdayaan Suku Anak Dalam ini.

Baca Juga: Warga Kerinci Ini Sudah 2 Bulan Lebih Mengikuti Suku Anak Dalam Desa Tanah Garo

Dibandingkan tahun sebelumnya, kata Firdaus, jumlah Suku Anak Dalam yang dirawat di RSUD STS Tebo hanya beberapa orang saja. "Ini bakal terus bertambah karena mereka mulai dan sudah percaya dengan pengobatan modern," kata Firdaus lagi.

Kendalanya, kata Firdaus, saat ini belum ada ruangan khusus di RSUD STS Tebo untuk Suku Anak Dalam yang dirawat. 

"Ketika banyak ruangan yang kosong, ya Suku Anak Dalam bisa dirawat di satu ruangan. Tapi ketika pasien banyak dan ruangan terisi semua, ya mau dak mau Suku Anak Dalam dirawat satu ruangan dengan pasien lainnya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X