Sebelum Mengajar di Pedalaman Papua Barat, Putra Asal Tebo Ini Ternyata Sering Berkegiatan Bersama Orang Rimba

- Minggu, 7 Mei 2023 | 13:56 WIB
Ilham Akbar (celana hitam) foto bersama Suku Anak Dalam (Orang Rimba) usai menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Tahun 2020. (ORIK)
Ilham Akbar (celana hitam) foto bersama Suku Anak Dalam (Orang Rimba) usai menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Tahun 2020. (ORIK)

PORTALTEBO.id - Ilham Akbar (23) putra kelahiran Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, saat ini mengajar anak-anak di pedalaman Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat.

Dia mengajar Calistung atau mengajar baca, tulis, dan berhitung kepada anak-anak di pedalaman Indonesia tersebut, tepatnya di Sekolah Dasar (SD) Undurara, Kampung Undurara, Distrik Naikere, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Namun banyak yang belum tahu, ternyata selama di Tebo, Ilham Akbar sering mengunjungi Suku Anak Dalam (Orang Rimba)di Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan Suku Anak Dalam (Orang Rimbo) di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD).

Baca Juga: Putra Tebo Ini Ngajar di Pedalaman Papua Barat

Baca Juga: Suku Anak Dalam Mendapat Perhatian Khusus dari Kejari Tebo, Ini Alasannya

Baca Juga: Pemilu 2024: Suku Anak Dalam di Tebo Jambi Ancam Golput

Ini dibenarkan Ketua Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK), Ahmad Firdaus yang juga pendamping Suku Anak Dalam atau Orang Rimba di Tebo, Jambi.

"Terkahir, kita bersama Ilham berkegiatan bersama Orang Rimba kelompok Temenggung Ngadap di hutan Sungkai Lubuk Dalam Desa Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo. Lokasinya tidak jauh dari TNBD," kata Firdaus, Minggu, 7 Mei 2023.

Baca Juga: Suku Anak Dalam Jambi Temui Komisi II DPR RI, Minta Pengakuan Desa Adat

Baca Juga: ORIK Selesaikan Penetapan Tapal Batas Delapan Desa di Kecamatan Tebo Ilir, Ini Respon Kajari Tebo

Firdaus mengungkapkan, sebelumnya Ilham Akbar sering berkunjung dan berkegiatan di pemukiman Orang Rimba kelompok Temenggung Apung, tepatnya di Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, "Kalo dak salah waktu itu dia masih sekolah di SMAN 3 Tebo," ucapnya.

Ilham Akbar saat mengajar anak-anak di pedalaman Papua Barat.
Ilham Akbar saat mengajar anak-anak di pedalaman Papua Barat. (Istimewa)
Saat itu, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan Ilham Akbar bersama siswa SMAN 3 Tebo di pemukiman Orang Rimba tersebut, salah satunya membuat film pendek tentang perjuangan anak-anak Orang Rimba dalam mendapatkan pendidikan.

Baca Juga: Suku Anak Dalam di Jambi Curhat ke Anggota Bawaslu RI

Baca Juga: Dirawat di RSUD STS Tebo, Bocah Suku Anak Dalam Ini Butuh 3 Kantong Darah Golongan A

Halaman:

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X