• Sabtu, 20 Agustus 2022

Anak Temenggung Apung Nikah di KUA Tengah Ilir

- Kamis, 28 Juli 2022 | 15:35 WIB
Temenggung Apung, Suku Anak Dalam atau Orang Rimba Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi
Temenggung Apung, Suku Anak Dalam atau Orang Rimba Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

PORTALTEBO.id - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tebo melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, kembali menikahkan sepasang Suku Anak Dalam (SAD) pada Rabu, 20 Juli 2022.

Pasangan SAD yang menikah yakni, I'ak Bin Ajang dengan Pengarang Bin Apung. Pernikahan dihadiri langsung oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Tebo, Drs. H. Lukman Hakim, M.Pd.i.

Tampak juga hadir dalam pernikahan ini, Ketua dan pengurus Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) serta pihak keluarga dari kedua mempelai.

Pernikahan pasangan SAD ini dituntun langsung oleh Kepala KUA Tengah Ilir, Syafwandi, S.Ag yang juga sebagai penghulu. "Alhamdulillah prosesi seremonial hingga akad nikah berlangsung khidmat dan lancar," kata Syafwandi usai menuntun pernikahan tersebut.

Untuk diketahui, Pengarang adalah anak kandung Apung, pemimpin SAD Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir. Sementara, I'ak adalah SAD dari kelompok SAD Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo. "Minggu terakhir ini kita sudah menikahkan dua pasang SAD, dan kita catat di KUA Tengah Ilir," ungkap Syafwandi lagi.

Menurut dia, tahun-tahun sebelumnya sudah banyak SAD yang menikah di KUA Tengah Ilir. Hal ini kata dia, sebagai salah satu komitmen Kemenag dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk warga SAD.

SAD lanjut dia, merupakan salah satu yang diprioritaskan. Hal itu juga merupakan upaya pihaknya untuk menyamakan status sosial SAD dengan masyarakat umum. " Ini juga sudah menjadi komitmen kami. Bahkan insyaallah kami akam melakukan pembinaan-pembinaan khusus terhadap SAD terhadap bidang keagamaan," katanya.

Menurut dia, program pembinaan khusus terhadap SAD sudah lama dirancang. Namun saat pelaksanaan, pihaknya terkendala bencana nasional yakni Covid-19. "Karena pada Pandemi Covid-19 kemarin ada aturan tidak boleh berkumpul, jadi program pembinaan khusus terhadap SAD terpaksa kita pending. Ini demi keselamatan dan kesehatan mereka juga," kata dia.

"Insyaallah setelah Pandemi Covid-19 kegiatan pembinaan SAD akan kita lakukan. Mari kita doakan bersama semoga Pandemi segera berakhir," pungkasnya. 

Editor: Syahrial.

Tags

Terkini

Ramalan Zodiak Pisces Berlaku Sampai 20 Agustus 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Ramalan Zodiak Aquarius Sampai 20 Agustus 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:59 WIB

Ramalan Zodiak Capricorn Sampai 20 Agustus 2022

Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:41 WIB

Ternyata, Ini Loh Asal Usul Kata Dirgahayu

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:55 WIB
X