• Sabtu, 1 Oktober 2022

Ternyata, Ini Loh Asal Usul Kata Dirgahayu

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:55 WIB
Asal Usul Kata  (PORTALTEBO.id)
Asal Usul Kata (PORTALTEBO.id)

PORTALTEBO.id - Selamat HUT RI ke 77, 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2022. Seringkali, juga muncul beragam ucapan dengan menggunakan kata Dirgahayu. Apa Itu kata 'Dirgahayu'?

Ternyata kata 'Dirgahayu' punya arti nya sendiri. PORTALETBO.id mengutip postingan IG Kemendikbu.ri "Tahukah #SahabatDikbud asal-usul penggunaan kata "Dirgahayu" berasal dari bahasa Sansekerta.

Ada dua asal usul kata dirgahayu dari bahas sansekerta yaitu ; "Dirghayuh" yang bermakna 'bersinar cemerlang dalam masa hidup yang panjang', dan "Dirghayusa" yang bermakna 'semoga diberkati usia panjang dan tumbuh secara harmonis, sehat, dan bugar'.

Itu semua disampaikan akun IG @Kemdikbud.ri  bahwa Bahasa Indonesia menyerap kata tersebut menjadi "Dirgahayu", yang berarti 'berumur Panjang'.

Baca Juga: Ini Daftar Nama 68 Paskibraka yang Bertugas pada Upacara HUT ke-77 RI, 2 Orang Diantaranya Dari Jambi

Baca Juga: UPDATE HUT RI ke 77: Sejarah Lagu Indonesia Raya oleh W.R Soepratman Dulunya dari Guru jadi Wartawan, Baca!

Kata Dirgahayu hanyan digunakan untuk negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahunnya. Misalnya, Dirgahayu Republik Indonesia yang berarti 'Panjang umur Republik Indonesia'.

Nah itulah, Asal-usul kata Dirgahayu? Berikut ini lima Ucapan Hut RI ke 77 yang menggunakan kata 'Dirgahayu'.

1. Merdeka! Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 Tahun. Semoga Bangsa Indonesia semakin maju sejahtera, Pulih lebih cepat, Bangkit lebih Kuat.

2. Dirgahayu RI ke-77! Perjuangan pahlawan akan selalu dikenang. Merdeka!

Halaman:

Editor: Redaksi

Sumber: Kemdikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X