• Sabtu, 1 Oktober 2022

Lomba HUT RI Adaptasi zaman Kolonial? Menurut Kemdikbud, Ternyata 6 Lomba ini punya makna dan Filosofi

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:49 WIB
Lomba panjat pinang 17 batang pada perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Tebo beberapa tahun yang lalu. (Dokumen Portal Tebo )
Lomba panjat pinang 17 batang pada perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Tebo beberapa tahun yang lalu. (Dokumen Portal Tebo )

PORTALTEBO.id - Bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan RI 2022/HUT RI ke 77. Hampir semua bagian wilayah di NKRI merayakan nya dengan mengadakan berbagai lomba untuk digelar sebagai ajang suka cita atas Kemerdekaan yang di rasakan oleh Kita sebagai Bangsa Indonesia.

Selain dalam rangka memberikan hiburan, setiap lomba yang diselenggarakan untuk menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 77 pada tahun 2022. Ada 6 Jenis lomba yang ternyata memiliki makna dan filosofi. Berkemungkinan, kebanyakan orang belum mengetahuinya.

Selanjtnya, 6 lomba yang dimaksud dalam rangka menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan RI 2022 tersebut. Diantaranya, merupakan adaptasi dari zaman Kolonial Belanda.

Bersumber dari akun Instagram Ditjen GTK Kemendikbud, @ditjen.gtk.kemdikbud pada tanggal 3 Agustus 2022 lalu. Pada unggahan tersebut. Berisi, tentang makna-makna yang terkandung dalam setiap lomba yang diselenggarakan untuk menyambut HUT RI ke 77.

Baca Juga: UPDATE HUT RI ke 77: Sejarah Lagu Indonesia Raya oleh W.R Soepratman Dulunya dari Guru jadi Wartawan, Baca!

"Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis lomba tradisional kemerdekaan yang diadaptasi dari zaman kolonial dahulu. Dari semua lomba yang ada pada perayaan Hari Kemerdekaan, lomba apa yang menjadi favorit sahabat GTK?" disampaikan Ditjen GTK Kemendikbud melalui akun Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud.

Dalam Postingan dan unggahan Akun @ditjen.gtk.kemdikbud, dijelaskan lomba-lomba untuk menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan RI, punya makna dan filosofi.

Ada 6 Lomba HUT RI di bawah ini, Punya Makna dan Filosofi.

1. Lomba Balap Karung

Lomba yang mengingatkan kesulitan masyarakat zaman dahulu, yaitu Balap karung menjadi lomba yang identik dengan lomba menyambut Peringatan Hari Kemerdekaan RI 2022. Ternyata ada alasan mengapa memilih karung untuk lomba tersebut.

Halaman:

Editor: Redaksi

Sumber: Instagram kemdikbud.ri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X