• Jumat, 30 September 2022

Soal Serangan Bjorka, Fadli Zon: Ini Menunjukan Siber Kita Masih Di Bawah Standar

- Selasa, 13 September 2022 | 19:59 WIB
Lama Tak Bercuit, Fadli Zon Muncul dan Sebut Drama Sambo Mengejutkan Kalahkan Film India (IST)
Lama Tak Bercuit, Fadli Zon Muncul dan Sebut Drama Sambo Mengejutkan Kalahkan Film India (IST)

PORTALTEBO.id - Lemahnya tingkat keamanan data siber instansi negara menjadi sorotan anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon.

Akibatnya, kata politisi Partai Gerindra ini, bisa diretas dan bocor oleh hacker Bjorka dan tersebar di tengah masyarakat secara beruntun beberapa hari belakangan ini. 

Baca Juga: Diburu dan Diancam Pemerintah Melanggar UU ITE, Hacker Bjorka Hanya Santai

Menurut Fadli, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) harusnya menjadi garda terdepan untuk mengamankan data siber tersebut.

“Harus ada auto kritik juga ya, beberapa institusi seperti Kominfo dan BSSN kan harusnya ikut menjadi Garda terdepan untuk mengamankan siber kita. Apa lagi siber dari institusi negara atau pejabat-pejabat negara masa dijebol oleh orang perorangan atau suatu kelompok, yang menurut saya ini menjadi satu warning bagi kita bahwa kita ini masih lose di dunia siber,” jelas Fadli dikutip dari laman dpr.go.id, Selasa, 13 September 2022.

Baca Juga: Nama Digunakan Untuk Mencari Perhatian, Ini Ancaman Bjorka Kepada Cak Imin

Baca Juga: Bjorka Buka Data Pribadi Mochamad Iriawan: gm pak, bagaimana rasanya berteman dekat dengan bos judi

Baca Juga: Ini Sentilan Bjorka Kepada Anies Baswedan: Jakarta Bukan Hanya Sudirman Dan Thamrin

Menurut dia lagi, di era digital saat ini menjadi sangat penting untuk setiap lembaga negara mampu berlindung dari peretasan data yang membahayakan, apalagi yang sifatnya rahasia atau konfidensial. 

“Bisa mengganti ganggu keamanan negara, dijual di darkweb dan sebagainya. Harus ada warning, apa yang dilakukan presiden (membentuk tim khusus atasi Bjorka) adalah salah satu keseriusan menanggapi ini tetapi seharusnya kementerian dan lembaga terkait harus intropeksi, jangan hanya melaporkan hal-hal yang baik tetapi sebenarnya tidak,” papar Fadli.

Halaman:

Editor: Syahrial.

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X